- Merumuskan tujuan pembelajaran
- Mengalokasikan sumber daya dalam pembelajaran,
- Mengelola kurikulum
- Memonitor perencanaan pembelajaran,
- Mengevaluasi pelaksanaan tugas guru.
Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin
- Sebagai penyedia sumber daya, menunjukkan kemampuan dan manajemen waktu dan sumber daya secara efektif, menunjukkan kondisi kelas sebagai master pengubah, dan mampu mengenal dan memotivasi anggota staf sekolah,
- Sebagai sumber instruksional’ terlihat dan memajukan kondisi kelas yang efektif untuk menunjang hasil belajar, mendorong staf pengajar untuk menggunakan berbagai macam materi pengajaran dan strategi belajar mengajar, memberikan perhatian dan mampu mengembangkan gagasan inovatif.
- Sebagai komunikator, menyampaikan visi sekolah secara jelas, memahami tujuan sekolah serta mampu menerjamahkan, membina hubungan yang efektif dengan stakeholders, jelas dalam menyampaian sesuatu baik lisan maupun tulisan. Keempat, kehadirannya bermakna; mampu berinteraksi dan mempengaruhi seluruh lingkungan sekolah (Guru, staf, siswa dan petugas lainnya.
6 Prinsip Kepala Sekolah
- Membangun tujuan bersama
- Meningkatkan kreasi dan inovasi dalam mengembangkan kurikulum
- Mengembangkan motivasi pendidik dalam mengembangkan kompetensi
- Menjamin pelaksanaan mutu proses pembelajaran melalui pelaksanaan monitoring atau supervisi
- Mengembangkan sistem penilaian dalam memantau perkembangan belajar siswa
- Mengambil keputusan berbasis data.
Rencana Tindak Strategis Kepala Sekolah
- Memfasilitasi penyusunan tujuan pembelajaran dan standar pembelajaran
- Melakukan sosialisasi tujuan pembelajaran dan standar pembelajaran
- Memfasilitasi pembentukan kelompok kerja guru
- Menerapkan ekspektasi yang tinggi
- Melakukan evaluasi kinerja guru dan tindak lanjut pengembangannya
- Membentuk kultur sekolah yang kondusif bagi pembelajaran
- Membangun learning person dan learning school
- Menyediakan sebagian besar waktu untuk pembelajaran dan selalu mempunyai waktu untuk guru dan siswanya
- Melayani dengan prima kepada guru, siswa, dan orang tua siswa
- Melakukan koordinasi terhadap guru, siswa, dan orangtua siswa
- Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberhasilan pembelajaran akibat
Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin
- Merumuskan tujuan pembelajaran
- Mengarahkan dan membimbing pengembangan kurikulum
- Membimbing pengembangan dan perbaikan proses belajar mengajar (PBM)
- Mengevaluasi kinerja guru dan mengembangkannya
- Membangun komunitas pembelajaran
- Menerapkan kepemimpinan visioner dan situasional
- Melayani siswa dengan prima
- Melakukan perbaikan secara terus menerus
- Menerapkan karakteristik kepala sekolah efektif
- Membangun Warga Sekolah agar Pro-perubahan
- Membangun teamwork yang kompak
- Memberi contoh dan menginspirasi warga sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar