RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) No. 1
Nama Sekolah :
SMP N 1 Cibinong
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /
Semester :
VII / 1
Alokasi
Waktu :
4 X 40 menit (4x pertemuan)
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Memahami lingkungan kehidupan manusia.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Mendiskripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan.
|
Indikator :
- Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya berbagai bentukan di permukaan bumi.
- Mendeskripsikan gejala disatropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
- Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan.
- Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
- Mendeskripsikan proses pelapukan.
- Mendeskripsikan erosi dan faktor-faktor penyebab dan dampaknya.
- Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
- Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
I.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan
terjadinya bentuk muka bumi.
2.
Menjelaskan gejala diastropisme dan vulkanisme.
3.
Membedakan tipe-tipe gunung menurut bentuknya.
4.
Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
dan akibat yang ditimbulkan.
5.
Menyebutkan jenis
batuan berdasarkan proses pembentukannya.
6.
Menjelaskan
terjadinya proses pelapukan.
7.
Menyebutkan faktor penyebab erosi dan dampak erosi.
8.
Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh
proses sedimentasi.
9.
Menjelaskan
dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen.
II.
Materi Ajar :
1.
Proses alam
endogen terhadap pembentukan muka bumi.
2.
Gejala
disatropisme dann vulkanisme.
3.
Tipe-tipe gunung
menurut bentuknya.
4.
Faktor penyebab
terjadinya gempa bumi.
5.
Jenis-jenis batuan menuurut proses pembentukannya.
6.
Proses pelapukan.
7.
Faktor penyebab terjadinya erosi.
8.
Hasil bentukan dari proses sedimentasi.
9.
Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan
eksogen.
III.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Kooperatif learning
Model : Student Teams
Achievement Division (STAD)
Metode :
o
Ceramah
o
Diskusi
o
Tanya
jawab
o
Penugasan
IV.
Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
o Guru memberi salam, berdoa
bersama, dan mengabsen siswa.(hormat,
taqwa,disiplin)
o Guru
memeriksa kebersihan kelas dan kerapiannya.(disiplin
dan bertanggungjawab)
o Guru memberikan garis besar
pembelajaran materi yang akan dipelajari.
o Menyampaikan tujuan
pembelajaran (Tanggung jawab)
o Apersepsi
: Pernahkah
engkau bersyukur atas adanya bumi yang kia tinggali ?
o Motivasi
: Sebaiknya kita
mempelajari bagaimana proses kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah
diperjuangkan oleh para pemuda pada tahun 1945.
Kegiatan
Inti (20 menit)
a.
Eksplorasi
Guru membagi siswa dalam 5 kelompok
dengan pembagian : (kerjasama)
· Kelompok 1 : Mendeskripsikan proses alam endogen
·
Kelompok
2 : gejala disatropisme dan vulkanisme serta sebaran
tipe gunung api.
·
Kelompok
3 : tipe-tipe gunung menurut
bentuknya..
·
Kelompok 4 : Faktor
penyebab terjadinya gempa bumi
·
Kelompok 5 : Proses
Pelapukan
·
Guru memfasilitasi materi yang akan dibahas oleh
siswa (peduli)
·
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
(kerja keras)
b.
Elaborasi
·
Kelompok berdiskusi tentang topik
yang sudah menjadi tugasnya (Kerjasama)
·
Guru berkeliling memeriksa diskusi dan
membimbingnya
·
guru menunjuk perwakilan kelompok
1-2 untuk menyampaikan hasil diskusinya (tanggungjawab)
·
Setiap kelompok melalui perwakilan
kelompok memprestasikan hasil diskusi.(demokrasi)
c.
Konfirmasi
·
Guru dan siswa memberi tanggapan
tentang hasil diskusi kelompok
·
Guru
memberi penguatan hasil diskusi yang disampaikan setiap kelompok
·
Memberikan
pengetahuan lain (inovatif)
1.
Kegiatan
Penutup
·
Guru membimbing siswa membuat suatu
kesimpulan
·
Guru menyiapkan tindak lanjut
·
Guru memberi pertanyaan lisan
seputar materi yang telah dipelajari
·
Guru menekankan perasaan
nasionalisme dan patriotisme tentang usaha-usaha mewujudkan kemerdekaan
Refleksi : Siswa telah
dapat menjelaskan dampak terjadi adanya pengaruh tenaga endogen dan eksogen di
muka bumi
V.
Sumber Belajar
§ buku
teks yang relevan
§ peta
dunia dan peta negara Indonesia
§ LCD
§ Video
dan foto/gambar
VI.
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|
|
Tes Tertulis
|
Essay
|
1. Apakah yang dimaksud
dengan tenaga geologi dan berikan contohnya!
2. Sebutkan tipe gunung
api yang banyak terdapat di Indonesia
3. Buatlah peta jalur
gempa bumi yang ada di Indonesia
4. Berikan 2 contoh jenis
batuan sedimen !
5. Jelaskan proses
pelapukan biologis !
|
Rublik Penilaian
No
Absen
|
Aspek
|
Σx
|
Persen-tase
(%)
|
T/ TT
|
|||||||||||||||
Kerjasama dalam kelompok
|
Keaktifan dalam menyelesaikan tugas
|
Keaktifan dalam menyampaikan pendapat
|
Menghargai pendapat sesama
anggota kelompok
|
||||||||||||||||
3
|
2
|
1
|
0
|
3
|
2
|
1
|
0
|
3
|
2
|
1
|
0
|
3
|
2
|
1
|
0
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket :
T = Tuntas
TT = tidak tuntas
Cibinong, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cibinong Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Eni Husnanaeny,MM. Dra. Rr. Purwani Retno Y, S Pd
NIP. 196005071983032004 NIP. 196207081987032002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar