Selasa, 06 November 2012

RPP IPS KELAS VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) No. 1

Nama Sekolah                : SMP N 1 Cibinong
Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester             : VII / 1
Alokasi Waktu               : 4 X 40 menit (4x pertemuan)


Standar Kompetensi
:
1.                 Memahami lingkungan kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar
:
1.1.      Mendiskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap  kehidupan.

Indikator                     :
  • Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya berbagai bentukan di permukaan bumi.
  • Mendeskripsikan gejala disatropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
  • Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan.
  • Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
  • Mendeskripsikan proses pelapukan.
  • Mendeskripsikan erosi dan faktor-faktor penyebab dan dampaknya.
  • Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
  • Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

I.         Tujuan Pembelajaran :
            1.      Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
            2.      Menjelaskan gejala diastropisme dan vulkanisme.
            3.      Membedakan tipe-tipe gunung menurut bentuknya.
            4.      Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan.
            5.      Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
            6.      Menjelaskan terjadinya proses pelapukan.
            7.      Menyebutkan faktor penyebab erosi dan dampak erosi.
            8.      Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
            9.      Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen.

II.         Materi Ajar :
         1.            Proses alam endogen terhadap pembentukan muka bumi.
         2.            Gejala disatropisme dann vulkanisme.
         3.            Tipe-tipe gunung menurut bentuknya.
         4.            Faktor penyebab terjadinya gempa bumi.
         5.            Jenis-jenis batuan menuurut proses pembentukannya.
         6.            Proses pelapukan.
         7.            Faktor penyebab terjadinya erosi.
         8.            Hasil bentukan dari proses sedimentasi.
         9.            Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen.

III.            Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Kooperatif learning
Model                   : Student Teams Achievement Division (STAD)
Metode                 :
o  Ceramah
o  Diskusi
o  Tanya jawab
o  Penugasan

IV.            Kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
o   Guru memberi salam, berdoa bersama, dan mengabsen siswa.(hormat, taqwa,disiplin)
o   Guru memeriksa kebersihan kelas dan kerapiannya.(disiplin dan bertanggungjawab)
o   Guru memberikan garis besar pembelajaran materi yang akan dipelajari.
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran (Tanggung jawab)
o   Apersepsi : Pernahkah engkau bersyukur atas adanya bumi yang kia tinggali  ?
o   Motivasi : Sebaiknya kita mempelajari bagaimana proses kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah diperjuangkan oleh para pemuda pada tahun 1945.
            Kegiatan Inti (20 menit)
a.      Eksplorasi
Guru membagi siswa dalam 5 kelompok dengan pembagian : (kerjasama)
·      Kelompok 1 : Mendeskripsikan proses alam endogen
·         Kelompok 2 :  gejala disatropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
·         Kelompok 3 :  tipe-tipe gunung menurut bentuknya..
·         Kelompok 4 : Faktor penyebab terjadinya gempa bumi
·         Kelompok 5 : Proses Pelapukan
·         Guru memfasilitasi materi yang akan dibahas oleh siswa (peduli)
·         Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru (kerja keras)

b.      Elaborasi
·         Kelompok berdiskusi tentang topik yang sudah menjadi tugasnya (Kerjasama)
·         Guru berkeliling memeriksa diskusi dan membimbingnya
·         guru menunjuk perwakilan kelompok 1-2 untuk menyampaikan hasil diskusinya (tanggungjawab)
·         Setiap kelompok melalui perwakilan kelompok memprestasikan hasil diskusi.(demokrasi)

c.       Konfirmasi
·      Guru dan siswa memberi tanggapan tentang hasil diskusi kelompok
·      Guru memberi penguatan hasil diskusi yang disampaikan setiap kelompok
·      Memberikan pengetahuan lain (inovatif)
1.      Kegiatan Penutup
·         Guru membimbing siswa membuat suatu kesimpulan
·         Guru menyiapkan tindak lanjut
·         Guru memberi pertanyaan lisan seputar materi yang telah dipelajari
·         Guru menekankan perasaan nasionalisme dan patriotisme tentang usaha-usaha mewujudkan kemerdekaan

Refleksi  : Siswa telah dapat menjelaskan dampak terjadi adanya pengaruh tenaga endogen dan eksogen di muka bumi


V.            Sumber Belajar
§  buku teks yang relevan
§  peta dunia dan peta negara Indonesia
§  LCD
§  Video dan foto/gambar

VI.            Penilaian Hasil Belajar

Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
Contoh instrumen
  • . Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya berbagai bentukan di permukaan bumi.
  • Mendeskripsikan gejala disatropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
  • Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan.
  • Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
  • Mendeskripsikan proses pelapukan.
Tes Tertulis
 Essay
        1.    Apakah yang dimaksud dengan tenaga geologi dan berikan contohnya!
        2.    Sebutkan tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia
        3.    Buatlah peta jalur gempa bumi yang ada di Indonesia
        4.    Berikan 2 contoh jenis batuan sedimen !
        5.    Jelaskan proses pelapukan biologis !




Rublik Penilaian

No
Absen
Aspek
Σx
Persen-tase
(%)
T/ TT
Kerjasama dalam kelompok
Keaktifan dalam menyelesaikan tugas
Keaktifan dalam menyampaikan pendapat
Menghargai pendapat sesama anggota kelompok
3
2
1
0
3
2
1
0
3
2
1
0
3
2
1
0
1



















2



















3



















4



















5



















6



















7



















8



















9



















10



















11



















12



















13



















14



















15



















16



















17



















18



















19



















20



















21



















22



















23



















24



















25



















26



















27



















28



















29



















30




















Ket :
T = Tuntas
TT = tidak tuntas




Cibinong, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMPN 1 Cibinong                                        Guru Mata Pelajaran




Dra. Hj. Eni Husnanaeny,MM.                                              Dra. Rr. Purwani Retno Y, S Pd       
NIP. 196005071983032004                                                    NIP. 196207081987032002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar