Rabu, 07 September 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No.2

Satuan Pendidikan : SMP  Negeri 1 Cibinong
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Alokasi Waktu : 4 jp ( 2 X Pertemuan )

A. KOMPETENSI INTI :
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
1. Menjelaskan perbedaan peta,  atlas dan globe.
2. Menunjukkan peta lingkungan setempat (kabupaten / kota, provinsi) dengan menggunakan peta, atlas dan globe
3. Menunjukkan daerah tertentu pada peta lingkungan kabupaten / kota, provinsi
4. Membaca peta lingkungan setempat
  
4.1. Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
1. Menunjukkan komponen pada peta
2. Mengemukakan/mengungkapkan hasil kerja kelompok



B. MATERI PELAJARAN
1. Memahami lokasi melalui Peta
2. Letak dan Luas Indonesia

C. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan :   Saintific
2. Metode :  Ceramah, diskusi STAD (Student Team Achievement Divisions
3. Model Pembelajaran :  Berbasis masalah (Problem Based Learning).

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
PERTEMUAN 1
Pendahuluan a. Berdoa, Cek kehadiran siswa
b. Motivasi (mengungkapkan manfaat mempelajari topik dalam kehidupan).
c. Apersepsi (Mengkaitkan topik yang akan dipelajari dengan topik sebelumnya)
d. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
10 menit
Inti

1.Membentuk kelompok diskusi 6 kelompok tiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa
2. Kelompok terbagi menjadi 2 kelompok besar
Kelompok 1-2-3 membahas Letak Indonesia
Kelopok 3-4-6 membahas Bentuk Muka Bumi Indonesia, peta lingkungan tempat tinggal. Peta kota dan kabupaten dan komponen pada peta
3. Tiap kelompok memprestasikan hasil diskusi terus yang lainya menanggapi 60 menit


Penutup

a. Membuat  kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru
b. Melakukan refleksi atau menggali feedback dari Siswa
c. Menugaskan peserta didik mengamati lingkungan sekitar untuk pertemuan berikutnya (PR) tentang: Potensi wisata di Purbalingga yang belum tergali
d. Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.(religius) 10 menit




E. ALAT DAN SUMBER BAHAN
1. Alat dan Bahan:
LCD
Laptop
2. Sumber Bahan:
Buku Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Ilmu Pengetahuan Sosial.
Buku dan sumber lain yang relevas

F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik : Penugasan, tertulis
2. Bentuk : Essay
3. Instrumen :  Test
4. Kunci dan Pedoman Penskoran : (terlampir)
5. Tugas  kelompok (terlampir)

Cibinong, Juli 2016
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMPN 1 Cibinong




Dra, Hj, Tri Rahayu, M.Pd Dra. Rr, Purwani Retno Y, S.Pd, MM.Pd
Nip. 196511281990032004 Nip. 196207081987032002


RPP IPS KELAS 7 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) No.2 Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Cibinong Kelas/Semester : VII/1 Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Alokasi Waktu : 4 jp ( 2 X Pertemuan ) A. KOMPETENSI INTI : 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. 1. Menjelaskan perbedaan peta, atlas dan globe. 2. Menunjukkan peta lingkungan setempat (kabupaten / kota, provinsi) dengan menggunakan peta, atlas dan globe 3. Menunjukkan daerah tertentu pada peta lingkungan kabupaten / kota, provinsi 4. Membaca peta lingkungan setempat  4.1. Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. 1. Menunjukkan komponen pada peta 2. Mengemukakan/mengungkapkan hasil kerja kelompok B. MATERI PELAJARAN 1. Memahami lokasi melalui Peta 2. Letak dan Luas Indonesia C. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN: 1. Pendekatan : Saintific 2. Metode : Ceramah, diskusi STAD (Student Team Achievement Divisions 3. Model Pembelajaran : Berbasis masalah (Problem Based Learning). D. KEGIATAN PEMBELAJARAN KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU PERTEMUAN 1 Pendahuluan a. Berdoa, Cek kehadiran siswa b. Motivasi (mengungkapkan manfaat mempelajari topik dalam kehidupan). c. Apersepsi (Mengkaitkan topik yang akan dipelajari dengan topik sebelumnya) d. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran. 10 menit Inti 1.Membentuk kelompok diskusi 6 kelompok tiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa 2. Kelompok terbagi menjadi 2 kelompok besar Kelompok 1-2-3 membahas Letak Indonesia Kelopok 3-4-6 membahas Bentuk Muka Bumi Indonesia, peta lingkungan tempat tinggal. Peta kota dan kabupaten dan komponen pada peta 3. Tiap kelompok memprestasikan hasil diskusi terus yang lainya menanggapi 60 menit Penutup a. Membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru b. Melakukan refleksi atau menggali feedback dari Siswa c. Menugaskan peserta didik mengamati lingkungan sekitar untuk pertemuan berikutnya (PR) tentang: Potensi wisata di Purbalingga yang belum tergali d. Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.(religius) 10 menit E. ALAT DAN SUMBER BAHAN 1. Alat dan Bahan: • LCD • Laptop 2. Sumber Bahan: • Buku Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Ilmu Pengetahuan Sosial. • Buku dan sumber lain yang relevas F. PENILAIAN HASIL BELAJAR 1. Teknik : Penugasan, tertulis 2. Bentuk : Essay 3. Instrumen : Test 4. Kunci dan Pedoman Penskoran : (terlampir) 5. Tugas kelompok (terlampir) Cibinong, Juli 2016 Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Kepala SMPN 1 Cibinong Dra, Hj, Tri Rahayu, M.Pd Dra. Rr, Purwani Retno Y, S.Pd, MM.Pd Nip. 196511281990032004 Nip. 196207081987032002 Lampiran Contoh soal : 1. Sebutkan beberapa komponen – komponen penting dalam peta? 2. Apa yang di maksud dengan skala? 3. Kumpulan beberapa peta yang dibukukan disebut ? 4. Apa fungsi legenda pada sebuah peta? 5. Mengapa setiap peta harus disertai tahun pembuatan peta? 1. Perbedaan peta, atlas dan globe Peta adalah gambaran keadaan permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Permukaan bumi yang digambarkan pada peta dapat meliputi wilayah yang sempit, seperti peta lingkungan kompleks perumahan tempat tinggalmu dan bahkan kompleks sekolahanmu, juga gambar permukaan bumi yang luas, seperti peta provinsi maluku, peta Indonesia, peta Asia Tenggara, bahkan peta dunia. Atlas adalah kumpulan peta yang dibuat dalam bentuk buku, dan disusun secara sistematis. Kumpulan peta-peta yang ada dalam satu atlasmempunyai simbol, penafsiran, serta bahasa yang sama. Atlas ada yang bersifat nasional, regional, maupun dunia. Atlas nasionalnya, misalnya atlas Indonesia. Atlas regional menggambarkan peta-peta tertentu dibagian bumi, misalnya Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Barat, Eropa Barat, dll. Atlas dunia mencakup seluruh bagian bumi, baik berupa benua-benua, negara, dll. Atlas yang baik memiliki judul atlas, daftar isi, legenda, simbol, indeks. Globe adalah tiruan bola bumi dalam bentuk yang kecil. Kedudukan globe tidak lurus tetapi miring 66 ½ᵒ. Globe dapat memberikan informasi yakni menunjukkan bentuk bumi, menunjukkan sistem garis lintang dan garis bujur, memperlihatkan gambaran permukaan bumi secara utuh, memperagakan gerak rotasi bumi, memperagakan terjadinya siang dan malam. 2. Jenis-jenis peta dan atlas Peta dapat dibedakan menjadi dua yakni peta umum dan peta tematik. Peta umum adalah peta yang yang di dalamnya menampilkan berbagai objek yang ada di permukaan bumi secara umum. Peta tematik yaitu peta yang hanya menampilkan satu tema. Contoh peta tematik adalah peta kepadatan penduduk, peta jenis tanah, peta geologi. Atlas yang kita temukan kebanyakan bersifat umum, akan tetapi ada pula yang bersifat khusus. Atlas khusus antara lain: Atlas sejarah Indonesia.